Apa itu Buka Lapak | Kategori Produk dan Pelayanan dalam BUKALAPAK

Apa itu Buka Lapak | Kategori Produk dan Pelayanan dalam BUKALAPAK

BAB 1

LANDASAN TEORI

1.1  DEFINISI E-COMMERCE

E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online direct selling yang memamfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver”. Dan juga e-commerce merujuk pada semua bentuk transasaksi komersial yang menyangkut organisasi dan individu yang didasarkan pada pemrosesan dan tranmisi data termasuk teks, suara, gambar. Termasuk juga pengaruh bahwa pertukaran informasi komersial secara elektronik yang mungkin terjadi antara institusi pendukungnya dan aktivitas komersial pemerintah. Ini termasuk antara lain manajemen organisasi, dan kontrak komersial, legal dan kerangka regulasi, penyusunan perjanjian keuangan, dan pajak satu sama lain.

1.2  SEJARAH E-COMMERCE

Sejarah perkembangan e-commerce didunia dimulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang hingga timbulah e-commerce. Internet mulai lahir tahun 1969, kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan 4 komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara.

Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet – ARPA merupakan singkatan dari advance Research Project Agency yang merupakan bagian dari depatmen keamanan AS. Seiring dengan pekembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antar kaum pendidik dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dimulai istilah “internet”.

Istilah perdagangan elektronik berarti pemamfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembeli atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah sever yang dianggap aman(HTTPS).

1.3  KATEGORI E-COMMERCE

Seperti halnya situs layanan jual - beli daring (online) dengan model bisnis customer-to-customer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas.

1.4  KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-COMMERCE


Kelebihan E-Commerce

1.      Kelebihan bagi organisasi

·         Dapat memperluas pasar pada hingga pada taraf global/internasional.

·         Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan.

·         Meningkatkan brand perusahaan.

·         Dapat menyediakan pelayan kepada pelanggan yang lebih baik

·         Mempercepat dan efisiensi proses bisnis.

2.      Kelebihan bagi pelanggan

·         Dapat memberikan layanan tanpa ada batasa waktu 1 x 24 jam.

·         Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman.

·         Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya.

·         Dapat melakukan review komentar terkait produk.

·         Dapat memberikan informasi lebih cepat.

3.      Kelebihan bagi masyarakat

·         Tidak perlunya perjalan dalam kegiatan jual beli.

·         Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau.

·         Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan produk.

Kekurangan E-Commerce

1.      Kekurangan dari segi teknis

·         Jika implementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada.

·         Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat.

·         Jika terjadi kendala pada bandwith, maka dapat terjadi kegagalan TI.

·         Kesulitan dalam integrasi sistem.

·         Terjadi masalah kompatibilitas sistem.

2.      Kekurangan dari segi non-teknis

·         Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan dari sebuah sistem e-commerce.

·         Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs e-commerce.

·         Sulitnya untuk memastikan keamanan dan privasi dalam setiap transaksi secara online.

·         Kurangnya perasaan dalam dalam kegiatan jual beli.

·         Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat.

·         Masih belum murah dan aman nya akses internet pada suatu negara tertentu.


BAB II

HASIL ANALISA

2.1 LATAR BELAKANG WEBSITE YANG DIANALISA

·         PROFIL WEBSITE

Bukalapak didirikan oleh Achmad Zacky (lahir di Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986;) seorang pengusaha asal Indonesia yang bergerak dibidang Internet, ia juga menjadi CEO dari situs e-comemerce tersebut, Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online market place) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring) yang dimiliki dan dijalan oleh PT Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual beli daring (online) dengan model bisnis customer-to-customer (C2C). Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen dimanapun. Siapapun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembelian dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli atau menjual produk, baik baru maupun bekas seperti sepeda, phonsel, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik dan lain-lain.

·         KATEGORI PRODUK  / KATALOG PRODUK

Kategori ini sejenis kategori yang diolah menjadi kategori yang satu menjadi kategori yang lain jenis produk yang ada dibukalapak meliputi : handphone, sepeda, tablet, aksesoris gadget, anak-anak, komputer, laptop, printer, media penyimpanan data, fashion wanita, fashion pria, aksesoris fashion, peralatan elektronik, audio dan video, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan bayi, sampai dengan buku ataupun alat musiklain-lain.

Katalog ialah alat publikasi yang digunakan perusahaan sebagai cara untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Grafis memungkinkan berbagai macam perusahaan untuk menginformasikan kepada calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada tentang harga dan fitur produk mereka dalam rangka untuk mendorong penjualan mereka. Katalog adalah sarana bagi perusahaan untuk menyajikan secara rinci cakupan produk dan jasa, langsung kepada pelanggan. Contoh katalog di bukalapak ialah

Banyaknya produk produk dari mereka yang mengoleksikan produk jualan ke dalam album dan menjadikannya katalog elektronik sehingga mampu untuk meningkatkan penjualan mereka ke konsumen.
·         PROSES BISNIS

Dalam Bukalapak terdapat sistem dengan Konsumen ke Konsumen, dalam artian boleh membuka lapak di tempat tersebut. Bukalapak hanya menjadi Media pasar dari agen-agen pelapak tersebut. Pelayanan yang ditawarkan  oleh Bukalapak untuk berbisnis online dapat dinikmati oleh siapa saja, dimana saja, tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Penggunanya bisa merupakan perorangan ataupun perusahaan yang ingin menjual dan membeli produk baru maupun bekas.

Penjual dan pembeli mendapatkan beragam kemudahan di Bukalapak. Dari sisi pembeli, Bukalapak memberikan kecepatan pelayanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Dari sisi penjual Bukalapak memberikan kemudahan untuk membuka online shop dan fasilitas penunjang lainnya untuk membuat toko online yang menarik dan dicari pembeli.

1.2  Kategori E-comerce

Kategori E-commerce Bukalapak masuk dalam kategori C2C. Bukapalak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen dimanpun. Siapapun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesa baik satuan ataupun dalam jumlah banyak.

1.3  Teknik Marketing

Strategi Bukalapak mulai dari aplikasi mobile, iklan televisi, sosial media, hingga komunitas offline. Untuk meningkatkan pengguna dari aplikasi mobile bukalapak meningkatkan kualitas dari sisi produk. Improvement dari segi produk dari sisi teknis mobile apps. Kemudian, dari konsumen, Bukalapak banyak melakukan inisiatif, seperti kode vouche yang hanya dapat digunakan lewat aplikasi. Sementara itu untuk meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan Bukalapak, tim Bukalapak percaya bahwa iklan televisi masih menjadi cara yang tepat.

Untuk meningkatkan jumlah pelapak, Bukalapak mengandalkan komunitas offline yang berada di kota-kota besar maupun didaerah. Dan juga untuk meningkatkan pelapak, Bukalapak menargetkan 1 pelapak 12 pembeli.

2.4    Sistem Pembayaran
Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Bukalapak, maka  pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Bukalapak terlebih dahulu. Jika transfer telah berhasil, Bukalapak akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Bukalapak dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan dipembeli melalui pesan SMS. Ketika barang tiba dipembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Bukalapak, dan Bukalapak akan  melakukan transfer uang pembelian kepada penjual. Dengan program jaminan ini, bila pembeli tidak menerima barang sampai batas waktu tertentu, dana pembeli akan dikembalikan 100%.
Adapun Bukalapak mnyediakan sistem pembayaran dengan Inovasi sistem pembayaran Buka Dompet, Buka dompet merupakan sistem pembayaran di Bukalapak dengan jaminan keamanan transaksi dalam jual beli nya.

2.5    Fitur Pendukung
-    Ada layanan live chat dengan customer service
-    Transaksi pembelian
Konfirmasi pembayaran, trasnfer tak sesuai tagihan, perihal jasa dan resi pengiriman.
-    Akun dan Info personal
Perihal akun dan datanya, tidak bisa login, chat akun yang di nonaktifkan sistem dan Buka Dompet dibekukan.
-    Produk Investasi
Fitur Bukalapak untuk investasi seperti BukaReksa dan BukaEmas.
-    Lapak dan Fiturnya
Upload produk, push produk,pinjaman saldo, buka iklan, fitur premium, performa lapak.
-    Masalah Penjualan
Perbedaan ongkir, barang jualan tak tampil, remit dana penjualan, miss komunikasi pembeli.
-    Komplain Barang
Semua hal tentang pengajuan atau proses komplain barang (retur,ganti baran dll).
-    E-voucher dan Tiket
Pulsa, paket data, voucher game, token listrik, tiket kereta, dan tiket pesawat.
-    Bukadompet
Topup BukaDompet, tambah saldo/topup BukaDompet.
-    Aduan Pelanggaran
Pelanggaran HAKI, duplikasi produk, spam chat, penggunaan foto/deskripsi tanpa izin.


BAB 3
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Bukalapak ialah e-commerce yang paling berinovasi dalam mengembangkan sebuah bisnis toko daring di banding dengan e-commerce yang lainnya, Bukalapak mampu menarik pelanggan dan penjual untuk dapat mengakses website baik untuk berbelanja dan membuka lapak,Bukalapak selalu menngedepankan teknik marketing yang dapat diterima oleh masyarakat dan memuaskan pelayanan untuk konsumen dan pelapak ialah sebuah prinsip yang mereka ingin kembangkan, berbagai macam produk yang dijual, adanya sistem pembayaran payment, iklan yang bersifat online dan offline serta memudahkan konsumen dengan aplikasi berbasis mobile yang dapat dijangkau kapanpun dan dimanapun.
Bukalapak dapat dikatakan toko online yang sangat mumpuni dan berkualitas.

3.2 Saran
Kelemahan Bukalapak masih pada tahap Aplikasi nya relatif lemot ketika dipakai, lebih berat di RAM dan sering nge-lag, saran lebih dikembangkan lagi dalam pengembangan aplikasi guna mmeberikan rasa nyaman bagi pelanggan dan penjual bertransaksi secara mobile.


Penjabaran Layanan Dalam Bukalapak

14 Layanan Dalam E-Commerce
1.    Product Management
Produk yang dijual dalam Bukalapak sangat banyak, baik berupa fashion, elektronik, alat rumah tangga dll. Bukalapak memangament nya dengan memisahkan kategori dan bidang-bidang dalam aneka produk yang mereka jual.

2.    User Management
Bukalapak mememudahkan bagi pengguna bukalapak mengelola lapaknya dari berbagai tingkatan, yaitu berjumlah 9 Tingkat.

3.    Cross&Up-sell
Bukalapak menawarkan produk mereka bisa secara online via media sosial, biasanya mereka menawarkan dengan produk yang sedang promo untuk menarik mereka berbelanja di Bukalapak.

4.    Catalog management
Bukalapak membuat Catalog untuk para pelapak agar pelapak mudah mengoleksikan baran-barang yang ingin dia jual dalam satu catalog produk.

5.    Content Management
Bukalapak menyediakan para pengguna untuk mengolala akun nya dengan konten untuk berita-berita seputar toko online, produk terbaru, diskon, penawaran harga, dan lainnya.

6.    Order Management
Bukalapak memudahkan para pembeli untuk memesan pesananan para pelapak dengan memberikan fitur
1.    Beli sekarang
2.    Tambahkan ke keranjang
3.    Chat pelapak
4.    Bisa nego via App
5.    Dan chat pelapak

7.    Inventory Management
Bukalapak memudahkan para pelapak dengan mengelola lapaknya sesuai dengan apa yang dia ingin jual.

8.    Payment Services
Pembayaran bisa dengan Buka Dompet dan didapat TopUp ditransfer dengan bank lokal

9.    Personalization
Bukalapak memudahkan para pembeli dengan membuat akun dan berbelanja sesuai fitur yang terdapat di order management, sehingga pembeli dengan mudah mengelola orderan nya.

10.  Campaign Management
Bukalapak juga membantu para pelapak melakukan pemasaran secara online dalam bentuk iklan, bisa dilakukan pemasaran dengan sosial media seperti facebook, Bukalapak juga Ajak Temanbergabung dan dapatkan Credits hingga Rp100.000 dengan membagikan kode.

11.    Loyalty Management

12.    Customer Service

13.    Search Services

14.    Reporting & Data Analysis


DAFTAR PUSTAKA
Sumber Internet :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
https://gunawancakep.blospot.co.id
http://netjurnal.com/2016/09/kelebihan-dan-kekurangan-bukalapak-bagi-pembeli-dan-penjual.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Responses to "Apa itu Buka Lapak | Kategori Produk dan Pelayanan dalam BUKALAPAK"

  1. Admin saya mau bertanya saya retur barang tapi alamat pelapak tidak di temukan dan barang belum sampai di pelapak dan saya sudah bertanya sama pelapak hasil nya tetap sama dan saya hub admin bukak lapak hasil ny tetap sama. Jadi saya mau nanya apa uang kembali di pembeli atau di pelapak meskipun barang belum sampai di pelapak mohon di jawab

    ReplyDelete
  2. Admin saya mau bertanya saya retur barang tapi alamat pelapak tidak di temukan dan barang belum sampai di pelapak dan saya sudah bertanya sama pelapak hasil nya tetap sama dan saya hub admin bukak lapak hasil ny tetap sama. Jadi saya mau nanya apa uang kembali di pembeli atau di pelapak meskipun barang belum sampai di pelapak mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru menjawab komen nya. Mungkin bisa dilihat dari situs berikut ini mas https://blog.bukalapak.com/2014/12/fitur-baru-sistem-retur/

      Delete
  3. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. WhatsApp ::: + 447456405237
    DAFTAR SEKARANG:info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    situs web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

    Berita Mendesak! Berita Penting !! Berita Penting
    Nama saya Zalina Dianto, saya telah mengirim pesan di blog ini 3 tahun yang lalu. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semua kesaksian pinjaman dan saran pinjaman semuanya palsu dan semua pembohong. Saya ditipu oleh banyak orang di blog ini, Sebelumnya , saya diperkenalkan ke perusahaan pinjaman terkemuka yang terdaftar dan memiliki situs web. Perusahaan pinjaman ibu muslim terkemuka memberi saya pinjaman sebesar RP 3,5 Triliun dengan tingkat bunga sangat rendah 1%. AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM PERUSAHAAN NYATA DAN 100% TERJAMIN. tolong, saya punya banyak expirience dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu saya telah menunjukkan bagaimana mengetahui pemberi pinjaman palsu, harap baca ini akan membantu dan menyatukan Anda .insya allah
    BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
    (1) Peminjam palsu tidak perlu meminta jaminan dan tidak ada situs web
    (2) Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis
    (3) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman
    (4) Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine
    (5) Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik
    (6) Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans
    Daftar Sekarang "<<<<<<<< (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    E-info .... zalinadiato@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 4 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 72hrs
    Get unsecured working capital?
    Email us: fastloanoffer34@gmail.com
    Whats-app us on +918929509036

    ReplyDelete
  6. Halo semua di laman web ini amat gembira kerana saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya membuat bayaran untuk biaya pinjaman saya yuran insurans dan pemindahan sebelum saya mendapat jumlah pinjaman saya sebesar Rp 170.000.000 juta ke dalam detail akun saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hati karena ada banyak peminjam pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah antara peminjam pinjaman sebenar dan ORIGINAL, anda juga boleh menghubungi Anthony Yuliana Lender jika anda memerlukan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC)) whatsapp hanya +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com) email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    ReplyDelete

Subscribe Newsletter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel