Mengenal Apa Saja Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer

Mengenal Apa Saja Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer
Mengenal Komputer
Apa Saja Komponen yang terdapat didalam komputer ?
Simak dibawah ini...
1. Processor

Processor adalah sebuah komponen yang berupa IC (Integrated Circuite) yang mengontrol keseluruhan lalu-lintas sebuah sistem komputer, sehingga dikenal sebagai otak atau pusatnya komputer.
2. Motherboard

Motherboard adalah pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Motherboard mengatur pembagian daya listrik pada setiap komponen PC.
3. Memori atau RAM

RAM berfungsi sebagai ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau dibaca oleh processor dan bersifat sementara. Apabila komputer dimatikan, maka data yang sebelumnya tersimpan pada RAM tidak akan tersimpan.
4. Harddisk

Harddisk (hard drive) merupakan tempat penyimpanan utama data-data komputer yang tidak bersifat sementara seperti RAM. Artinya, meskipun komputer dalam keadaan mati, data tidak akan hilang dari harddisk tersebut. Harddisk yang paling banyak dipakai pada komputer PC ialah harddisk dengan ukuran 3 X 5 inci dengan tipe yang menggunakan cakram dan komponen mekanik. Kapasitas harddisk beragam, dimulai dari 20GB sampai 1.000GB.
5. Optical Drive

Optical Drive adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan alat baca/tulis berupa optik. Optical drive berfungsi sebagai media pada proses instalasi, yaitu pada saat memulai booting komputer yang belum memiliki sistem operasi. Contoh optical drive adalah CD ROM dan DVD ROM.
6. Power Supply

Power Supply berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai komponen komputer yang terdapat di dalam Central Processing Unit (CPU). Salah satu komponen penting pada power supply adalah pendingin (cooling). Pada sebuah power supply terdapat beberapa konektor untuk mengalirkan listrik ke motherboard, harddisk, CD/DVD ROM, floopy, dan beberapa konektor cadangan.
7. Monitor

Monitor merupakan perangkat keluaran komputer yang dapat menampilkan proses atau data komputer melalui tampilan layar. Resolusi dari monitor mengidentifikasikan seberapa padat pixel yang ada. Pada umumnya, semakin banyak pixel (sering diungkapkan dengan titik per inci), semakin tajam hasil gambar yang dapat ditampilkan.
8. Casing

Casing merupakan bagian komputer yang befungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan, karena biasanya casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlahnya bisa lebih dari satu buah. Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti moherboard, VGA card, sound card, dan lain-lain.
9. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat masukan komputer yang berupa papan tombol untuk memberi perintah/input tertentu pada komputer. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A - Z, a - z, angka numerik 0 - 9, tombol dan karakter khusus.
10. Mouse

Mouse merupakan perangkat komputer memudahkan pengguna (user) untuk bekerja dengan komputer. Pada umumnya, mouse memiliki tiga tombol, dan hanya dua tombol yang sering digunakan, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan.

Sumber: Haryanto, Dwi.2011. Jasa Teknisi Komputer. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Mengenal Apa Saja Komponen Yang Terdapat Di Dalam Komputer"

  1. https://sakban312154.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah, semoga bisa jadi ilmu bermanfaat.
    Request gan, buat artikel tentang struktur cpu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      siap gan request nya akan ditampung. terus selalu pantengin ya...

      Delete
  3. Informasi yang sangat bermanfaat gan👍
    ternyata lumayan banyak juga komponen didlm komputer yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih gan, tentu komputer banyak sekali komponen yang ada didalamnya. nanti akan saya post kembali artikel tentang komponen lebih detailnya. silahkan berkunjung kembali :)

      Delete
  4. Sangat bermanfaat gan meski saya belum baca terimakasih #disuruhkoment

    ReplyDelete

Subscribe Newsletter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel