Festival Cap Go Meh Singkawang 2019







Perayaan Cap Go Meh di Singkawang kembali lagi semarak di tahun 2019 yang dibuka dari tanggal 4 Februari 2019 hingga tanggal 20 Februari 2019. Sejumlah tokoh penting akan menghadiri acara puncak Festival Cap Go Meh 2019 di Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Dibuka pada 3 Februari 2019, Festival Cap Go Meh 2019 dihadiri oleh Ketua Pelaksana Calendar of Events (COE) Esthy Reko Astuty.  Sejumlah acara telah dihadirkan sejak tanggal 4 Februari 2019 dan akan berlangsung hingga hari terakhir, 20 Februari 2019. Puncak perayaan Cap Go Meh 2019 akan jatuh pada 19 Februari 2019. Itu sebabnya pada tanggal ini, Singkawang akan dihadiri banyak wisatawan.  Selain Menteri Pariwisata (Kemenpar) Arief Yahya yang telah hadir di Singkawang sejak 18 Februari 2019, ada tokoh-tokoh terkenal lainnya dalam rombongan.

Apa sih daya tarik Singkawang sehingga nama ini berhasil menjadi brand yang sedemikian kuat merebut hati banyak orang? Pada awalnya, Singkawang hanya dikenal sebagai sebuah desa, yang menjadi bagian dari wilayah Kesultanan Sambas. Selain itu, Singkawang pada masa lalu dikenal sebagai tempat singgah bagi para pedagang dan penambang emas dari Monterado. Para penambang dan para pedagang yang kebanyakan berasal dari negeri China, sebelum menuju Monterado, mampir di sini. Para penambang dan para pedagang ini terlebih dahulu beristirahat di Singkawang untuk melepas kepenatan perjalanan. Selain itu Singkawang juga dikenal sebagai tempat transit pengangkutan hasil tambang emas (serbuk emas). Pada saat itu, mereka yang bersentuhan dengan Singkawang menyebutnya dengan kata San Keuw Jong (Bahasa Hakka).


Kembali ke event Festival Cap Go Meh yang masuk dalam kategori event nasional dalam Calendar of Events (COE) 2019 Kemenpar. Bagi Kementerian Pariwisata (Kemenpar), diangkatnya Festival Cap Go Meh ke level nasional bukan tanpa alasan. 


Pertama, adalah mendukung promosi wisata dengan tag-line Pesona Indonesia. Bahkan Tagar #CapGoMehSingkawangFest2019 berhasil menaiki trending 5 di Twitter pada tanggal 19 Februari 2019 Pukul 12.33 WIB kemarin .


Kedua, untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan dalam menyaksikan perayaan Imlek dan Fetival Cap Go Meh.

Ketiga, dengan memiliki fasilitas yang lebih baik, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Keempat, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan maka pendapatan masyarakat dan daerah akan ikut bertambah.

Bisa kamu bayangkan, betapa Singkawang menjadi begitu seru untuk didatangi dengan banyak pilihan wisata. 

Berikut Beberapa foto yang diambil pada saat Festival Cap Go Meh












Belum sempat ke sini? Siapkan jadwal kosong untuk menyongsong Festival Cap Go Meh tahun depan....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Festival Cap Go Meh Singkawang 2019"

Post a Comment

Subscribe Newsletter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel